AHLAN WA SAHLAN di blog saya MUSLIMAH.COM
facebook

Jumat, 05 Mei 2017

Manfaat dan Khasiat Mentimun oleh: Sinse Abu Muhammad Faris AL-Qiyanji


🌿Seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan🌿

👤 Sinse Abu Muhammad Faris AL-Qiyanji

🗓Rabu,30 sya'ban 1436/17 juni 2015,Pukul 10:00-11:30 WIB
Di Rodja TV

Manfaat dan Khasiat Mentimun.

di mana buah ini merupakan buah yang tidak asing lagi di negeri kita. Dan buah mentimun ini tanaman tropis yang asli dari Asia Tenggara. Dan tanaman yang tumbuhnya menjalar atau terkadang dibuat memanjat di pagar ini, yang batangnya berbulu halus, panjangnya sampai 3 meter, kemudian daunnya berbentuk lekuk tangan, bunganya berwarna kuning, dan buahnya panjang.
Jenis mentimun ini sangat banyak di pasaran, ada timun biasa, timun krai, timun wuku, timun poan, dan timun watang. Artinya, timun ini banyak varietasnya.


Dan secara umum, mentimun ini ada yang berwarna hijau muda dan ada yang berwarna hijau tua. Kemudian pada timun itu terdapat lilin putih yang alami. Bijinya banyak, bentuknya lonjong dan runcing, pipih, warnanya putih agak kotor.
Akan tetapi secara garis besar, mentimun ini dibagi menjadi 2, yaitu mentimun yang kulit buahnya berbintil-bintil kecil yang biasa digunakan sebagai lalapan (dan pada bagian pangkalnya juga terdapat bintil kecil) dan mentimun krai yang kulit buahnya mulus, yang warnanya hijau keputihan dan ada yang berwarna hijau pekat, daging buahnya tebal berwarna putih kehijauan.

Adapun timun ini biasa tumbuh di tanah dengan ketinggian 1 meter sampai 1.000 meter di atas permukaan laut. Artinya dari pantai maupun di dataran tinggi, maka timun ini bisa ditanam, dengan suhu kurang lebih antara 17-20 derajat Celcius, dengan kelembapan sedang, dan penyinaran yang sedang sampai dengan tinggi. Dan biasanya tanah yang biasa digunakan untuk menanam adalah tanah bertekstur lempung, dengan kedalaman air kurang lebih 50 cm dari permukaan tanah. Timun ini yang biasa digunakan oleh para pengobat klasik adalah daun, buah, biji, tangkai, dan akarnya.

Di mana daunnya bermanfaat untuk daya sebar dan dipetik sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buahnya menjadi masak.
Sebelum buah timun menjadi masak dan hendak dipanen, maka daunnya bisa dikumpulkan kemudian dimanfaatkan sebagai obat, tentunya setelah tidak terkena curahan air hujan. Buahnya juga digunakan untuk mengatasi energi vital yang melemah.


🖥 Simak berbagai manfaat timun melalui pemaparan dari Sinse Abu Muhammad ini yang insya Allah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kita untuk dapat beribadah kepada Allah.

📼Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=14415

📺Rodja.TV: http://rodja.tv/956

🖥https://www.youtube.com/watch?v=s5YCBaHsWUE&index=5&list=PLkoppbLhnzfZ0SVzvSFRQu2kGjXK_guy8

💻 Editor
🌿Rumah Sehat Salsabila🌿


📱 Bagi anda yang ingin konsultasi silahkan hubungi kami via Whatsapp (GRATIS)
No.+62 852-4643-1021

🌿Back to Natural🌿

📲 ARTIKEL: RUMAH SEHAT SALSABILA

EDITOR: RIZKA AZIZAH AL-AZMI (UMMU UWEIS)
https://www.facebook.com/rizka.ummuuweis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar